manfaat sarapan bagi tubuh dan kesalahannya - Website online Terpercaya

youtubelung blogspot adalah website blog agen berita online yang berisi tips data fakta akurat dan terpercaya

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

manfaat sarapan bagi tubuh dan kesalahannya

sarapan
manfaat sarapan bagi tubuh dan kesalahannya


- online terpercaya -


Sarapan sebenarnya bukan hanya soal makan pagi saja.Sarapan di ketahui mempunyai peranan penting bagi kesehatan tubuh.Jika tak sarapan, Anda akan lebih cepat lapar dan akhirnya makan lebih banyak

Berikut manfaat sarapan bagi tubuh : 


1. Menurunkan berat badan


Salah satu konsep salah dalam diet ketika ingin menurunkan berat badan adalah melewatkan sarapan. Padahal menurut pakar, sarapan malah tak boleh dilewatkan jika ingin berat badan turun.

Melewatkan sarapan berarti memperbesar porsi makan siang. Jika Anda sarapan sebelum beraktivitas, maka rasa lapar yang dirasakan ketika makan siang tentu akan berkurang. Program penurunan berat badan tentu akan berhasil.

2. Membuat kita lebih fokus


Sarapan mampu membuat pikiran menjadi lebih fokus dan mudah berkonsentrasi. Sebabnya pikiran tak teralihkan dengan rasa lapar ketika kita sedang bekerja atau sekolah.

Jika tak sarapan, tubuh akan terasa lapar karena kekurangan energi. Semakin sedikit energi di tubuh, semakin sulit seseorang untuk tetap fokus dan berkonsentrasi. Ngantuk dan pikiran tak fokus pun rentan terjadi.

3. Menghindari maag


Sakit maag terjadi karena adanya ketidakseimbangan di lambung atau organ pencernan lainnya. Biasanya maag disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur.

Jika Anda kebetulan sering mengalami sakit maag, cobalah sarapan di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini akan mengurangi risiko asam lambung di pencernaan.

4. BAB lebih lancar


Penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins University mengatakan bahwa sarapan pagi dapat membuat buang air besar (BAB) lebih lancar. Syaratnya, sarapan harus dilakukan sebelum pukul 9 pagi.

Peneliti mengatakan bahwa umumnya jika sarapan, seseorang tidak akan makan terlalu banyak di siang hari yang bisa menyababkan sakit perut atau konstipasi. Jika seseorang sarapan di atas jam 9 lalu dilanjutkan dengan makan siang pukul 12, lambung akan penuh dan BAB pun semakin sulit.

Berikut 5 kesalahan paling umum saat sarapan:


1. Terlalu banyak gula


Menu sarapan pancake, muffin atau sandwich cukup membuat kenyang meskipun tidak mengandung banyak kalori. Namun hati-hati menambahkan saus cokelat atau karamel pada pancake, muffin, dan sandwich dapat meningkatkan kadar gulanya dalam sekejap.

2. Kopi krim


Secangkir kopi di pagi hari bisa membuat tubuh lebih segar dan fokus. Namun ingat, hindari penggunaan krim dan gula yang terlalu banyak karena dapat meningkatkan kalori.

3. Tambah porsi sarapan


Sarapan sehat dengan buah, sayur, kacang-kacangan, maupun sereal dan roti bisa hilang manfaatnya jika porsi yang Anda makan berlebihan. Makan secukupnya saja, dan usahakan gunakan piring kecil.

4. Makan makanan instan


Meski praktis, makanan instan akan dicerna lebih cepat oleh lambung. Anda akan lebih mudah lapar dan bisa makan lebih banyak saat makan siang daripada yang dibutuhkan

5. Kurang minum air


Kurang minum air putih bisa membuat Anda sarapan lebih banyak daripada seharusnya. Cukupi kebutuhan minum air agar terhindar dari dehidrasi yang gejalanya mirip dengan lapar.

sumber : detik

Silakan Share artikel ini ke teman dan Saudara bila anda menganggap bisa membawa Manfaat.

Kenyamanan dan kerahasiaan anda adalah PRIORITAS kami
Ingin artikel ,berita dan iklan anda di muat dan di share?
kirim email ke iklung88@gmail.com

Salam BWDAX AJB™

BWDAX AJB™ tidak pernah menyarankan untuk berjudi.( hanya sebagai bahan referensi)
Terima kasih atas saran dan masukannya.semua saran dan kritikannya sangat membantu

NB : isi di luar tanggung jawab penulis

penulis tidak pernah menyarankan untuk berjudi ( hanya sebagai bahan referensi )

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages