diet tepat buat pasien gagal ginjal - Website online Terpercaya

youtubelung blogspot adalah website blog agen berita online yang berisi tips data fakta akurat dan terpercaya

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

diet tepat buat pasien gagal ginjal

protein
diet tepat buat pasien gagal ginjal

Lungbi - diet tepat buat pasien gagal ginjal

Untuk membantu mengatasi dan merawat pasien dengan pasien ginjal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya pola makan. Dengan diet tepat, pasien penyakit ginjal bisa menghindari risiko terjadinya komplikasi.

Seperti disampaikan oleh nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, pada pasien dengan penyakit ginjal, yakni di mana fungsi ginjalnya sudah menurun, sebaiknya hindari makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. "Benar-benar batasi juga pemakaian natrium, sodium atau garam dapur dan MSG," tuturnya baru-baru ini.

Jika Anda sudah harus rutin mencuci darah secara berkala, hal utama yang perlu diperhatikan adalah jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya dokter akan memberikan batasan jumlah cairan yang boleh dikonsumsi, tergantung tingkat penyakit dan hasil cek darah.

"Yang saya tahu mungkin antara 800 mL-1,5 L cairan per hari. Yang dimaksud dengan cairan termasuk air, teh, kopi, sup, es krim, agar-agar, es batu dan minuman lainnya," ujar Victoria.

Selain cairan, asupan lain yang perlu diperhatikan adalah protein. Ini karena protein berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki fungsi-fungsi tubuh, serta mencegah infeksi. Akan tetapi konsumsi protein yang terlalu tinggi akan mengakibatkan naiknya jumlah urea (hasil pemecahan protein) dalam darah dan membuat berat kerja ginjal.

"Biasanya berkisar antara 0,8-1 gram protein per kilogram berat badan. Ingat, jumlah protein tidak sama dengan berat daging. Dalam 100 gr daging dada ayam tanpa lemak sama dengan 22 gr protein," terangnya.

Jangan lupa untuk tetap meminta rekomendasi dokter untuk asupan cairan harian. Biasanya dokter juga akan memberikan obat-obatan penurun hipertensi, gula darah dan kolesterol. Jika demikian, tetaplah mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter.

Sementara bagi Anda yang memiliki fungsi ginjal normal, untuk menjaga kesehatan ginjal Victoria menganjurkan untuk mengonsumsi cukup air putih setiap hari. Kurangi juga pemakaian garam sebisa mungkin, rekomendasinya adalah sekitar satu sendok teh per hari. "Perbanyak sayur dan buah segar dan jangan lupa perbanyak aktivitas fisik juga ya agar aliran darah lancar," pesan Victoria.

sumber : detik

Kenyamanan dan kerahasiaan anda adalah PRIORITAS kami

Ingin artikel ,berita dan iklan anda di muat dan di share kirim email ke iklung88@gmail.com

Salam alunglung™

alunglung™ tidak pernah menyarankan untuk berjudi.( hanya sebagai bahan referensi)

Terima kasih atas saran dan masukannya.semua saran dan kritikannya sangat membantu

NB : isi di luar tanggung jawab penulis

penulis tidak pernah menyarankan untuk berjudi ( hanya sebagai bahan referensi )

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages